Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Yang Berpeluang Diterima

Bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email yang baik dan benar agar memiliki peluang untuk diterima?. Bagaimana upaya agar kita terpilih dibanding pelamar lainnya?


Urusan cara mengirim surat lamaran kerja zaman sekarang sudah banyak perubahannya. Kalau dulu pelamar diwajibkan membuat surat lamaran kerja di kertas, dimasukkan amplop besar lalu diantar langsung ke perusahaan yang bersangkutan ataupun dikirim via kantor pos jika perusahaan berada di luar kota.

Tetapi kini sudah banyak perusahaan besar yang menerima surat lamaran kerja hanya lewat email dan bukan tulisan di kertas.

Nah, bagi yang ingin mengirim surat lamaran kerja lewat email tentunya anda sudah harus memiliki email bukan? Tetapi jika belum punya silahkan baca tulisan saya tentang cara membuat email baru.

Semua panduan di atas sudah saya tulis lengkap dan mendetail disertai gambar pula. Oh iya, sebelum membuat email diatas, ada baiknya saya ingatkan bahwa untuk lamaran kerja sebaiknya jangan menggunakan nama email pengirim yang aneh, lebay atau alay yaa.

Contohnya: dhini_cantik@yahoo.com, priatampan@yahoo.com, kurakuraninja@gmail.com, rujakmanis@gmail.com, dst, dst.

Gunakan email nama anda saja, misalnya eko.patrio@gmail.com, hasan_akbar@yahoo.co.id, dst.

Cara mengirim lamaran kerja lewat email

1. Buat Judul Email Yang Tepat
Ingat, bukan email anda saja yang masuk ke inbox tujuan, tetapi mungkin ada puluhan bahkan ratusan email lain yang berebut perhatian minta di baca.

Tuliskan dengan jelas lowongan bagian apa yang dimaksud. Misalnya: Lamaran Kerja Bagian Marketing atau Lowongan Kerja Staf Administrasi. Ini lebih baik dari hanya sekedar judul email: Lamaran Kerja (saja)

2. Hindari File / Attachment Yang Terlalu Besar
Setelah men Scan semua data yang diminta (KTP, foto diri, ijasah, dll), agar tidak terpisah pisah kumpulkan semua dalam satu folder ZIP. Mengenai cara membuat folder ZIP bisa anda googling tuh, nggak rumit kok.

Ukuran maksimal folder ZIP tsb 300 kb atau 0,3 MB. Jika lebih dari itu sebaiknya perkecil file. Caranya? googling aja lagi: cara memperkecil file zip

Ukuran folder yang terlalu besar akan memperlambat proses download, apalagi jika koneksi internetnya lemot, bisa bisa email lamaran kerja anda dicuekin akibat gagal dibuka. Rugi kan ?

Baca juga:
- Penyebab tidak bisa login Gmail
- Daftar email gratis
- Lupa email login facebook

3. Gunakan Bahasa Yang Sopan dan Tulisan Baku
Tulisan yang bernada terlalu memohon mohon ataupun penggunaan bahasa gaul hanya akan menurunkan respek terhadap anda. Gunakan bahasa indonesia baku dan gaya penulisan yang sewajarnya saja.

Satu lagi yang penting, cantumkan nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi. Masa 1 bulan setelah email lamaran kerja dikirim adalah masa masa penting. Jangan sekali kali mematikan HP anda di saat itu karena bisa jadi soal diterima atau tidaknya anda akan dihubungi lewat telepon dan bukan email.

4. Teliti Sekali Lagi !
Sebelum menekan tombol Send / Kirim, periksa kembali apakah alamat email tujuan sudah benar dan periksa juga isi tulisan email anda, apa masih ada yang perlu direvisi ? Jika anda ragu soal tampilan, sebelum mengirim email lamaran kerja ke tujuan ada baiknya melakukan uji coba mengirim email ke alamat email anda sendiri dan lihat hasilnya.

Demikianlah tulisan saya mengenai cara mengirim lamaran kerja lewat email. Semoga lamaran kerja anda diterima, amiin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel